Iklan

Perbaikan Jalan Provinsi di Simalungun Tahun 2022 Dianggarkan Rp 208 Miliar

warta pembaruan
17 Maret 2022 | 11:07 AM WIB Last Updated 2022-03-17T04:07:14Z


SIMALUNGUN, Wartapembaruan.co.id -- Perbaikan jalan Provinsi di Simalungun tahun 2022  dianggarkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebesar Rp. 208 Milyar, jalan sepanjang 37,60 Km.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada kegiatan pra  Musrenbang Penyusunan RKPD Provinsi Sumatera Utara zona dataran tinggi tahun 2023, di Hotel Niagara Parapat Kecamatan Girsang Simpangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (16/03/2022).

Kegiatan Pra Musrenbang itu, diikuti oleh kepala daerah Zona Dataran Tinggi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Bupati Dairi Edy Keleng Berutu, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Bupati Karo Corry Sebayang, Bupati Toba Poltak Sitorus, Wakil Bupati Humbahas Oloan P Nababan, Bupati Pakpak Barat Frans B Tumanggor dan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani.

Gubernur  mengucapkan terima kasih kepada semua pimpinan zona dataran tinggi. Dirinya  bersyukur bisa bertemu dengan semua pimpinan daerah Zona Dataran Tinggi, Kita hadir untuk mensejahterakan Rakyat.

Untuk itu, Gubsu mengajak Bupati
dan Walikota untuk bersama-sama menyejahterakan masyarakat. “Mari kita mempersembahkan uang rakyat dan tugas kita mensejahterakan Rakyat dengan mempedomani peraturan yang telah ditetapkan, dan diharapkan kedepan tidak lagi Bupati dan Walikota yang terlibat dengan hukum,”kata Edy Rahmayadi

Selain itu, Gubsu juga meminta untuk menyelesaikan persoalan beda agama dan suku. “Ini semua untuk rakyat dan kita semua rakyat Sumatera Utara, hentikan persolan beda agama beda suku,”pinta Gubsu.

“Kalian adalah rakyat ku dan bupati ku dan tugas kalian mensejahterakan rakyat dan tidak ada lagi masalah pandangan politik. Mari kita bersatu membangun Sumatera Utara ini bermartabat,” katanya menambahkan.

Selanjutnya Gubsu menjelaskan, Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia, dan memiliki jalan terpanjang di Indonesia lebih dari 3,556 Km. “Kita harus berpikir kreatif untuk hal ini, karena uang kita tidak cukup untuk memperbaiki ini, kita sudah mencari dana untuk infrastruktur jalan kita ini,”ujar Gubsu.


Untuk jalan, Gubernur menambahkan untuk perbaikan jalan Provinsi di Simalungun telah dianggarkan sebesar Rp. 208 Milyar, jalan sepanjang 37,60 Km, dan pembuatan drainase sebesar Rp. 2.640 Miliar.

Sebelumnya Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Gubernur yang telah menunjuk Kabupaten Simalungun sebagai tuan rumah kegiatan Pra-Musrembang RKPD Zona dataran tinggi di Provinsi Sumatera Utara.

“Terima kasih saya sampaikan kepada bapak Gubernur Sumatera Utara, bapak Edy Rahmayadi dan bapak Wakil Gubernur, bapak Musa Rajekshah yang telah menghunjuk Kabupaten Simalungun sebagai tuan rumah di kegiatan Musrenbang ini,” kata Bupati.

Selanjutnya Bupati memaparkan topografi Kabupaten Simalungun. Disampaikan bahwa, Kabupaten Simalungun memiliki wilayah 4.372,50 Km terdiri dari 32 kecamatan, 386 desa/nagori dan 27 Kelurahan dengan jumlah penduduk 1.003.727 jiwa.

Potensi perekonomian Simalungun, menurut Bupati, sebagian besar terletak pada pertanian  dan pada tahun 2021 Pertanian Simalungun menghasilkan produksi padi sebanyak 386.858 ton. Selain tanaman padi, Kabupaten Simalungun juga penghasil jeruk.

Selain itu, Bupati mengatakan, di Kabupaten Simalungun juga memiliki potensi wisata alam lainnya seperti objek wisata Danau toba yang merupakan salah satu ikon Pariwisata dan beberapa lokasi Wisata lainnya di 18 titik lokasi wisata.

“Kabupaten Simalungun juga memiliki Wisata Budaya di 89 lokasi, Wisata alam di 76 lokasi, wisata agro di 13 lokasi, wisata rekreasi di 8 lokasi dan Ground Camping 2 lokasi,”jelas Bupati.

Laporan : Anton Garingging
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perbaikan Jalan Provinsi di Simalungun Tahun 2022 Dianggarkan Rp 208 Miliar

Trending Now

Iklan