News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Ketua MPR dan Eks GAM Temui Menteri ATR Sofyan Jalil

Wakil Ketua MPR dan Eks GAM Temui Menteri ATR Sofyan Jalil


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id – Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani memfasilitasi pertemuan antara eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan pemerintah yang diwakili Menteri ATR/BPN, Sofyan Jalil. Agenda ini merupakan upaya untuk memfasilitasi pemenuhan hak-hak atas tanah eks kombatan GAM yang diatur dalam Perjanjian Helsinski.

"Kami menerima penyerahan daftar nama dari 3.000 nama eks kombatan GAM dari Komite Peralihan Aceh kepada Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil. Ini inisiatif untuk memfasilitasi demi menjaga komitmen kita bersama untuk menegakkan kedaulatan negara, serta memperkuatan spirit nasionalisme," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Menurut Muzani, hal ini juga merupakan pelaksanaan atas Perjanjian Helsinski yang telah disepakati oleh pemerintah Republik Indonesia dengan GAM sebagai upaya penyelesaian konflik Aceh ketika itu. Sehingga, kata dia, penting bagi kedua belah pihak untuk sama-sama melaksanakan komitmen tersebut.

Perjanjian Helsinski adalah nota kesepakatan antara pemerintah Republik Indonesia dan GAM yang ditandatangani di Helsinki pada 15 Agustus 2005. Salah satu yang disebutkan dalam perjanjian tersebut adalah hak atas tanah terhadap 3.000 eks kombatan GAM yang masing-masing dari mereka berhak mendapatkan tanah seluas 2 hektare.

"Ini menunjukkan komitmen kedua belah pihak untuk menjaga keutuhan NKRI. GAM mengakui Indonesia dengan tetap bergabung dalam NKRI dan pemerintah berkomitmen melaksanakan butir-butir yang terpaut dalam perjanjian. Salah satunya mengenai pemberian hak atas tanah kepada 3.000 eks kombatan GAM untuk satu orang seluas 2.000 hektare," katanya. (ys_soel)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.