Iklan

KSAD Serahkan Motor Ambulans ke Lima Kodim di Kodam XVI/ Pattimura

warta pembaruan
14 April 2022 | 1:45 PM WIB Last Updated 2022-04-14T06:45:45Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Untuk mendukung pelayanan kesehatan di wilayah Kodam XVI/Pattimura yang meliputi Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikankan bantuan berupa lima unit motor ambulans.

Bantuan motor ambulans diserahkan langsung oleh KSAD kepada lima komandan distrik militer disela-sela kunjungan kerja ke Rumah Sakit Tentara Tingkat II Profesor JA Latumeten (RST) Ambon, Rabu (13/4).

"Ambulans bermotor ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, khususnya di daerah terpencil, yang sulit terjangkau oleh mobil ambulans," harap Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Tiga dari lima motor ambulans itu akan dioperasikan di tiga Kodim di Provinsi Maluku, yakni Kodim 1502/Masohi, Kodim 1503/Tual, dan Kodim 1507/Saumlaki. Sementara dua sisanya untuk Kodim 1508/Tobelo dan Kodim 1510/Sula di Provinsi Maluku Utara.

Motor ambulans ini adalah inovasi Korem 151/Binaiya, Kodam XVI/Pattimura yang diluncurkan KSAD ketika Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AD awal bulan Maret lalu.

Ambulans bermotor ini menjadi ujung tombak penanganan pandemi COVID-19 dan dinamakan "Ambulans TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat". Dengan kemampuan mengangkut pasien dalam keadaan darurat dan memerlukan penanganan secara secara dini.

TNI AD berencana membuat 20 unit ambulans bermotor untuk disebarkan di wilayah Maluku dan Maluku Utara karena keterbatasan fasilitas kesehatan di daerah itu.


KSAD berharap keberadaan ambulans bermotor dapat mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat oleh jajaran Kodam Pattimura.


Turut mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam penyerahan bantuan itu, Komandan Puspom Angkatan Darat Letjen TNI Chandra W Sukotjo, Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Abdurachman serta Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Selly Tampubolon.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KSAD Serahkan Motor Ambulans ke Lima Kodim di Kodam XVI/ Pattimura

Trending Now

Iklan