News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Didampingi Kapolres Kampar, Sekda Kampar Lepas Ziarah Kubur

Didampingi Kapolres Kampar, Sekda Kampar Lepas Ziarah Kubur


Bangkinang, Wartapembaruan.co.id -  Bupati Kampar yang di wakili Sekda Kampar Drs Yusri M.Si secara resmi melepas kegiatan Ziarah Kubur di Masjid Almujahidin Desa Muara Uwak Kecamatan Bangkinang, Senin (9/5/2022).

Selain Sekda Kampar pada perayaan raya enam dalam kegiatan ziarah kubur tersebut hdir juga Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH, Dandim 0313/KPR Letkol Arh Mulyadi, para Asisten, Para staf Ahli, para kepala Dinas dilingkungan pemda Kampar, Upika Kecamatan Bangkinang, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kampar.

Mengawali sambutannya Bupati Kampar Yang di wakili Sekda Kampar Drs.Yusri M.Si tepat pada delapan syawal 1443 H, selaku Sekda Kampar menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H mohon maaf lahir dan batin. Dimana suasana syawal merupakan suasana silaturahmi dalam rangka halal bi halal.

Lebih lanjut Sekda Kampar menyampaikan bahwa kegiatan Ziarah Kubur dalam rangka hari raya enam ini merupakan salah satu kegiatan atau wisata religi sama seperti kegiatan balimau kasai menyambur ramadhan sebelumnya.

Dalam ziarah kubur ini merupakan kegiatan untuk kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. kegiatan ziarah ini pasti secara langsung akan mengingingatkan kita dengan yang namanya kematian. Sebab mulai dari pagi kegiatan ini mengunjungi setiap kuburan dan melakukan do'a bersama disetiap kuburan.

Untuk itu kegiatan ini harus terus dilestarikan, selain memiliki nilai keagamaan dengan mengutamakan silaturahmi juga memiliki nilai wisata religi yang harus dipelihara dengan baik.

Sementara kegiatan raya zarah ini selain keagamaan juga sebagai penguatan tradisi gotong royong yang sebelumnnya membersihkan setiap pemakaman baik pemakaman pribadi maupun pamakaman umum.

Dimana dalam raya enam ini tepat pada delapan syawal, kegitan diawali dengan pelaksanaan puasa sunah yang dimulai pada satu syawal. Selain kegiatan keagamaan jalinan silaturahmi dan penguatan tradisi gotong royong untuk membersihkan setiap pemakaman baik pribadi maupun pamakaman umum

Selain hal kebersamaan ini jelas pertamana mempererat tali silaturahmi, dengan demikian pemda kampar akan terus mendukung kegiatan ini yang mengutamakan kebesamaan sesama keluarga dan masyarakat.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.