News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kelurahan Baru Kecamatan Siantar Utara Kandidat Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022

Kelurahan Baru Kecamatan Siantar Utara Kandidat Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022


Pematangsiantar, Wartapembaruan.co.id -- Kelurahan Baru Kecamatan Siantar Utara menjadi salah satu dari delapan kandidat dalam Pemilihan Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022. Penilaian terhadap Kelurahan Baru dilakukan tim penilai dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP diwakili Asisten Bidang Perekonomian dam Pembangunan Zainal Siahaan SE MM di Kantor Lurah Baru, Kamis (23/6/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya yang diwakili Asisten Zainal Siahaan, Sekda Budi Utari menerangkan, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri)  Republik Indonesia No 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan 
Desa/Kelurahan, bertujuan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa dan kelurahan melalui pembangunan Indonesia.

Sehingga dilakukanlah evaluasi. Salah satunya, dengan melakukan Penilaian Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022.

“Untuk penilaian yang kelima, kami mendatangi Kecamatan Siantar Utara dengan Kelurahan Baru sebagai kelurahan terpilih,” katanya.

Tim Penilai Kelurahan terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022, lanjutnya, akan melakukan penilaian secara objektif. Sebab indikator penilaian jelas diatur dalam Permendagri No 81 Tahun 2015. Di mana, ada tiga bidang yang menjadi penilaian tim. Ketiganya yaitu: (1) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, meliputi pemerintahan; kinerja; inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat; desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government; serta pelestarian adat dan budaya.

Kemudian, (2) Kewilayahan Desa dan Kelurahan, meliputi identitas; batas; inovasi; tanggap dan siaga bencana; serta pengaturan investasi.
Terakhir, (3) Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan, meliputi partisipasi masyarakat; lembaga kemasyarakatan; pemberdayaan kesejahteraan keluarga; keamanan dan ketertiban; pendidikan; kesehatan; ekonomi; penanggulangan kemiskinan; serta peningkatan kapasitas masyarakat.

Disampaikan Sekda Budi Utari melalui Asisten Zainal Siahaan, kegiatan tersebut selain untuk memberikan penilaian, juga mengevaluasi kinerja pembangunan yang ada di kelurahan.
“Kami juga akan mengecek secara langsung masalah keamanan dan peredaran narkoba. Karena kita ketahui Bersama, di Kota Pematangsiantar terdapat beberapa kelurahan dengan status rawan peredaran narkoba. Untuk itu kami akan coba mengekspos melalui Badan Kesbangpol dan lurah serta mitra kerja dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas tentang sejauh mana penanggulangan narkoba di Kelurahan Baru,” paparnya.

Sementara itu, Camat Siantar Utara Irwansyah Saragih SSos MSi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Penilai dari Pemko Pematangsiantar.

Disampaikannya, Lurah Baru menjabat sekitar satu tahun dua bulan. Namun berdasarkan penilaian pihaknya, Kelurahan Baru pantas diajukan sebagai kelurahan terpilih dari Kecamatan Siantar Utara.

“Selain itu, sesuai kinerja serta koordinasi, kami juga menilai Lurah Baru dekat dengan masyarakat. Hal itulah yang mendasari kami memilih Kelurahan Baru sebagai perwakilan Kecamatan Siantar Utara,” jelasnya.
Selanjutnya Lurah Baru Bambang Saputra SH memaparkan Profil, Pelayanan, dan Pencapaian Kelurahan Baru. Dilanjutkan sesi tanya jawab tim penilai dengan Lurah dan jajaran Kelurahan Baru.

Turut hadir, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Baru, para tokoh masyarakat, serta Ketua RT/RW se-Kelurahan Baru. (*)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.