News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kritik PT IAA Soal Perekrutan Tenaga Kerja, Pemda Batubara Ingatkan Perusahaan

Kritik PT IAA Soal Perekrutan Tenaga Kerja, Pemda Batubara Ingatkan Perusahaan


Batubara, Wartapembaruan.co.id --  Perekrutan tenaga kerja yang dilakukan oleh PT Indonesia Alumunium Aloy (IAA) yang mendapat perhatian serius dari Perhimpunan Mahasiswa Dan Pemuda (PEMDA) Batubara.  Perekrutan itu dibuka untuk seluruh Indonesia yang diperuntukkan untuk tamatan SMK dengan kualifikasi  jurusan teknik mesin/otomotif, teknik ketenagalistrikan, teknik elektronika, teknik kimia, dan teknik komputer dan informatika, dengan periode pendaftaran 20-25 Juni 2022.

Dalam melihat perekrutan itu, Ketua Pemda Batubara mengingatkan agar PT IAA menerapkan kebijakan prioritas untuk merangkul anak daerah.

"PT IAA ini beroperasi di kawasan Kuala Tanjung, kabupaten Batubara. Jadi kita mengingatkan harus ada kebijakan perusahaan, untuk memprioritaskan tenaga asal kabupaten Batubara  dalam hal perekrutan tenaga kerja itu,"kata Arwan Syahputra, ketua Perhimpunan Mahasiswa Dan Pemuda Batubara, Rabu (22/06/2022).

Aktivis Mahasiswa Batubara, Arwan Syahputra (foto:istimewa)

Aktivis mahasiswa Batubara itu memaparkan, bahwa kabupaten Batubara punya peraturan daerah no 5 tahun 2017 tentang penempatan tenaga kerja lokal. Pada Pasal 9 (1) disebutkan 'Dalam rangka penempatan tenaga kerja lokal, perusahaan besar dan menengah wajib untuk mengutamakan penerimaan tenaga kerja lokal sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja perusahaan'.


"Jadi daerah ini sudah ada payung hukum dalam mengatur persoalan tenaga kerja bagi perusahaan. Artinya kita tidak juga menghalangi  jika perekrutan itu dibuka seluruh Indonesia, namun kita ingatkan agar PT IAA harus memperhatikan, dan memprioritaskan tenaga kerja lokal sesuai amanah Perda,"papar Arwan.

Lebih lanjut, Perhimpunan Mahasiswa Dan Pemuda Batubara menyambut baik adanya investasi berbasis tenaga kerja seperti kehadiran PT IAA diBatubara.

"Namun kehadiran perusahaan, haruslah memberikan dampak baik bagi daerah, terutama disektor ketenagakerjaan,"ucap Arwan.  Karena lanjut Arwan,  para industri di Batubara juga harus turut berperan aktif dalam pengurangan angka pengangguran diBatubara

Aktivis satu ini juga  menyarankan, agar manajemen PT IAA berkoordinasi dan melibatkan dinas ketenagakerjaan setempat dalam hal perekrutan tenaga kerja tersebut

"Karena yang kita pahami,  daerah ini setiap tahunnya ada pelatihan tenaga kerja untuk putra putri Batubara. Apalagi Batubara juga banyak Sekolah SMK. Jadi kemungkinan besar Batubara masih banyak lulusan SMK, sesuai kualifikasi yang diminta oleh PT Indonesia aluminium Alloy,"pungkasnya.

Di akhir, Arwan meminta pemerintah daerah juga memberikan atensinya terhadap perekrutan yang dilakukan oleh PT IAA ini.  "Jangan sampai, anak daerah itu jadi penonton, tapi harus jadi pemain, dan bisa berkontribusi langsung dalam membangun masyarakat industri sesuai yang dicitakan oleh Bupati Batubara Ir Zahir Map,"tandasnya.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.