Iklan

Tugas Berat Pimpinan KPK Saat ini Bukanlah Menghadapi Corruptor Fight Back Melainkan Ex KPK Fight Back

warta pembaruan
11 Juni 2022 | 11:36 AM WIB Last Updated 2022-06-11T04:40:12Z

Hasanuddin Koordinator 98 (foto: ist)

Jakarta, Wartapembaruan.co.id --Tugas terberat Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan insan KPK saat ini, bukanlah menghadapi “Corruptor Fight Back” atau Perlawanan Balik Koruptor, melainkan “Ex KPK Fight Back” atau Perlawanan Mantan KPK yang tidak lolos TWK, yang hingga saat ini melakukan serangan melalui media sosial secara masif dan terus-menerus. 

"Ex KPK ini mengetahui banyak hal mengenai KPK; sistem, informasi dan data, jejaring kerja, strategi, cara kerja dan prosedur internal dan saat ini sumber daya itu digunakan untuk menyerang KPK," kata Hasanuddin Koordinator Siaga 98 dalam keterangan pers tertulisnya, Jumat (10/6/2022).

“Ex KPK Fight Back” ini tidak hanya telah membentuk persepsi negatif dan rendahnya kepercayaan publik pada KPK, melainkan juga sudah mulai muncul usul yang membahayakan yaitu pembubaran KPK, dan Ironisnya usul ini dari perseorangan Ex KPK, tambah Hasan.

Dalam situasi persepsi yang negatif, dipastikan apapun yang dikerjakan KPK, dan hal yang disampaikan secara terbuka menyangkut Pendidikan, Pencegahan dan Penindakan, tetap akan menuai kritik. Sehingga  sulit diterima oleh persepsi publik yang telah terpengaruh oleh serangan melalui media sosial secara massif dan terus menerus oleh Ex KPK. 

"Perseteruan Ex KPK dan Pimpinan KPK harusnya sudah diakhiri demi kepentingan yang lebih besar bagi bangsa dan negara. Apapun alasannya, Novel dkk sudah diangkat menjadi ASN POLRI untuk kebutuhan memperkuat POLRI dalam pemberantasan korupsi, dimana POLRI dan KPK sama-sama institusi negara yang bersinergi dalam upaya pemberantasan korupsi," tegas dia.

Perseteruan ini negatif bagi upaya pemberantasan korupsi saat ini dan dimasa yang akan datang.

Harus diingat, bahwa Institusi KPK adalah anak kandung dari reformasi 98. Sebab itu harus dijaga, dan upaya pemberantasan korupsi yang sistemik dan membudaya tidak bisa diselesaikan oleh sekelompok dan orang-orang tertentu, melainkan perlu partisipasi publik yang meluas dan upaya jangka Panjang. Tegak Merah Putih," tutup Hasanuddin. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tugas Berat Pimpinan KPK Saat ini Bukanlah Menghadapi Corruptor Fight Back Melainkan Ex KPK Fight Back

Trending Now

Iklan