News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinobatkan Sebagai Sultan Jambi, Sayid Fuad Akan Lestarikan Kebudayaan Indonesia

Dinobatkan Sebagai Sultan Jambi, Sayid Fuad Akan Lestarikan Kebudayaan Indonesia

Wartapembaruan.co.id, Jambi ~ Acara penobatan KDYMM Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq di aula Sultan Thaha, Bandara Sultan Thaha lama dihadiri sejumlah sultan di Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Para sultan dari Kerajaan Melayu di Indonesia ini begitu terkesima dengan Sultan Jambi keturunan keempat dari Sultan Thaha Saifuddin.

Menurut Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin dari Kesultanan Siak Sri Indra Pura mengatakan, dengan dinobatkan KDYMM Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq menandakan bangkitnya kesultanan Melayu Jambi secara utuh.

Dirinya berharap, kedepannya mari kita bersatu padu tegakkan marwah dan adat budaya supaya tidak hilang.

"Jadi kalau dak dilestarikan budaya kita sendiri, siapa yang melestarikan. Tentu kitalah yang melestarikan supaya anak cucu tahu jati diri yang sesungguhnya," imbuhnya.

Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin menilai, hubungan Sultan dan pemerintah mestinya saling bekerja sama.

"Artinya selama ini, kesultanan yang ada di Nusantara ini tidak pernah diberikan kesempatan dalam ikut di pemerintah, dalam mengelola atau membangun suatu daerah," tukasnya.

Sementara, katanya, Sultan ini merupakan pendiri atau owner yang memiliki suatu wilayah. "Kenapa pemilik wilayah ini tidak diikutsertakan. Itu yang dipertanyakan," ujarnya.

"Pemerintah itu pengelola, pemerintah tidak bisa jadi pemilik, dimana mana-pemilik wilayah tetaplah Sultan," tegas Sultan Syarif.

Sedangkan, Kiam Radja Muda Tuan Guru DR (HC) Fekri Juliansyah Ph D yang juga Ketua Umum Himpunan Dzurriyat Radja Sultan se-Nusantara mengatakan, penobatan Yang Maha Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq ke 22 ini sungguh dinantikan bersama sebagai kebangkitan raja-raja, sultan-sultan di kawasan Melayu Raya.

"Jambi adalah salah satu Kesultanan Melayu, karena itu kita berharap kepada Sultan Jambi agar dapat mengembalikan lagi marwah kesultanan Jambi menuju kejayaan Melayu, kejayaan Nusantara dan seluruh kerajaan Islam di dunia," harapnya.

Sebagai Ketua Umum, dia juga mengharapkan dan mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendukung keberlangsungan eksistensi kesultanan Jambi, yakni mendukung Sultan Sayid sebagai Sultan Jambi ke 22.

Yang Maha Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah yang baru dinobatkan sebagai Sultan Jambi merasa bersyukur atas penobatan ini.

"Alhamdulillah bisa berjalan baik, ini adalah langkah awal dan tonggak sejarah dari Kerajaan Melayu Jambi. Ini bukti Jambi memiliki sejarah," tuturnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada yang telah membantu proses penobatan ini. "Terimakasih juga bagi para Sultan yang hadir, semoga amanah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak," ujar Sultan Jambi ini.

(M Rasyid)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.