Iklan

Ketua Indonesia Maestro Institute Yonge Sihombing Usulkan Nama Presiden Jokowi Sebagai Penerima Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2022

warta pembaruan
12 Juli 2022 | 3:57 PM WIB Last Updated 2022-07-12T08:58:19Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Ketua Indonesia Maestro Institute (IMI) Yonge Sihombing yang juga Penulis buku 'Jokowi Maestro Pembangunan Ekonomi Indonesia' mengatakan bahwa ia akan mengirimkan surat usulan nama Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI sebagai penerima hadiah nobel ekonomi tahun 2022 kepada panitia Nobel untuk model pembangunan ekonomi dan kepemimpinan yang efektif.

Hal itu dikemukakan Yonge disela peluncuran buku tentang "Jokowi Maestro Pembangunan Ekonomi Indonesia: Sebuah Catatan Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Indonesia Yang Digerakkan Oleh Gaya Kepemimpinan Presiden Jokowi Yang Efektif" dan Deklarasi Pengusulan Nama Presiden Jokowi Sebagai Penerima Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2022", di Madani Hotel Medan, Kamis (7/7/2022) siang.

Yonge mengatakan bahwa di abad 21, utamanya pasca pandemi covid-19, peran kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi. Kepemimpinan yang efektif merupakan kunci keberhasilan pembangunan. Economy  Development as Leadership. Buku diterbitkan oleh Global Aksara Yogjakarta.


Menurut Yonge, secara global sudah ada pengakuan peran kepemimpinan Jokowi yang efektif. Pengakuan itu, disampaikan oleh para pemimpin negara-negara lain di forum pertemuan tingkat Asean, G-20, G-7, PBB, termasuk ketika Presiden Jokowi melakukan lawatannya ke Rusia dan Ukrania.


“Perhatian terhadap hadiah Nobel untuk Presiden Jokowi itu diskusinya sudah mulai berkembang, utamanya di kalangan media internasional dan menjelang event G-20 2022 di Bali. Dan itu akan  sangat signifikan untuk pengusulan Nama Presiden Jokowi sebagai penerima hadiah nobel. Tetapi selalu ada faktor-faktor lain yang dipertimbangkan dalam pemberian hadiah Nobel seperti tantangan moril, politik, dan sebagainya,” kata Yonge.

“Yang tidak bisa dibantah bahwa sekarang mulai ada diskusi yang intensif  semacam pengakuan mengenai peran kepemimpinan Presiden Jokowi sebagai model pembangunan ekonomi dengan pendekatan kepemimpinan yang efektifi”, tambah Yonge.

Karena itu, Yonge telah lama mewacanakan pengusulan hadiah Nobel untuk Presiden Jokowi untuk mewakili wajah pemimpin pembangunan ekonomi Indonesia, pada abad 21 ini.

Buku ini akan dikirimkan kepada Komite Nobel Norwegia, sebagai testimoni capaian keberhasilan pembangunan ekonomi yang digerakkan oleh gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang Efektif.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Indonesia Maestro Institute Yonge Sihombing Usulkan Nama Presiden Jokowi Sebagai Penerima Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2022

Trending Now

Iklan