Iklan

Kasau dan  Forkopimda Provinsi Lampung  Saksikan Latihan Operasi Udara Gabungan di Lanud BNY Lampung

warta pembaruan
30 Agustus 2022 | 10:27 AM WIB Last Updated 2022-08-30T03:27:53Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Pangkoopsud I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., mendampingi Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., beserta unsur Forkopimda Provinsi Lampung dan Kabupaten Tulang Bawang menyaksikan secara langsung gelaran operasi udara

Latihan Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Maruta I dan Gwa Wijaya 2022

Turut menyaksikan Latihan tersebut Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., Asops Kasau Marsda TNI M. Khairil Lubis, Dankorpasgat Marsda TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si., Kapuslaiklambangjaau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.M., Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang B., S.Sos. Bertempat di Air Weapon Range Lanud Pangeran M. Bun Yamin. (Senin, 29-8-2022).


Latihan Operasi Udara  bernama Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya Kopasgat TA. 2022 menjadi tolok ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan untuk menguji kesiapan dan intreroperability konsep operasi udara gabungan dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan implementasi Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) di jajaran Koopsud I dan Kopasgat. Seluruh babakan latihan dilaksanakan di Air Weapon Range (AWR) dan Baseops Lanud Pangeran M. Bun Yamin, Lampung.



Latihan ini untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I, dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara untuk menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi di wilayah tugasnya serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability Wing I dan Satbravo 90 Kopasgat.

Operasi udara yg dimainkan dalam latihan ini meliputi Operasi Intelijen, Operasi Udara Serangan Strategis, Operasi Udara Perlawanan, Operasi Mobilitas Udara, Operasi Udara Khusus Operasi Informasi dan Operasi Teritorial.


Latihan kali ini melibatkan 808 personel,  pesawat tempur,  pesawat angkut, pesawat intai,  helikopter, dan unsur satuan dari Wing I dan Satbravo Komando Pasukan Gerak Cepat ( Kopasgat)


Dalam kesempatan tersebut, Pangkoopsud I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., menjelaskan kepada para media yang hadir menyaksikan Operasi Udara Gabungan tersebut bahwa, "Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Koopsud I dalam rangka mensiapsiagakan pasukan dan alutsista di jajaran Koopsud I yang terintegrasi dengan jajaran dari unsur Kopasgat sehingga disebut operasi udara gabungan," ujar Pangkoopsud I kepada para media.


Kegiatan Latihan Operasi Udara Gabungan tersebut menyedot animo masyarakat yang sangat besar, berbagai usia tumpah ruah melihat lebih dekat jalannya latihan operasij udara gabungan tersebut yang digelar di Baseops Lanud BNY Lampung.


Sumber : Pen Koopsud I
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasau dan  Forkopimda Provinsi Lampung  Saksikan Latihan Operasi Udara Gabungan di Lanud BNY Lampung

Trending Now

Iklan