Iklan

Sukses Gelar Giat Sekolah Politik, Partai Mahasiswa: Ini Salah Satu Bentuk Komitmen Kami untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa

warta pembaruan
19 Desember 2022 | 8:39 AM WIB Last Updated 2022-12-19T01:39:46Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) menggelar Sekolah Politik Pertamanya di Ballroom D'Hotel Jl.Sultan Agung Jakarta Selatan, Sabtu 17 Desember 2022. Sekolah politik PMI dihadiri oleh lebih dari 100 peserta secara luring dan dihadiri lebih dari 500 peserta secara daring melalui zoom.

Sekolah Politik dibuka langsung oleh Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia Eko Pratama, dengan mengangkat tema "Penanaman Purifikasi Nilai-nilai Politik dan Semangat Kebhinekaan bagi Generasi Muda". Partai Mahasiswa Berharap bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula. 

"Kita komitmen untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, kita akan coba memberikan ruang - ruang edukasi terkait politik, bahwa politik tidak sekejam dan sekotor yang dibayangkan," kata Eko Pratama.

Dengan mendatangkan Adi Prayitno selaku Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, diharapkan bisa memberikan pemahaman terkait problematika politik tanah air kepada kader dan peserta. Dalam kesempatan itu Adi mengatakan, "Tidak ada salahnya membuat partai politik, karena itu hak konstitusi semua warga Indonesia. Tujuan partai politik itu adalah kekuasaan, dengan tujuan untuk mengabdikan dirinya bagi masyarakatnya."


"Kita ingin menumbuhkan pemahaman baru bagi mahasiswa saat ini,agar tidak lagi terjerat dilema pergerakan masa lalu. Sudah saat nya mahasiswa kini lebih leluasa dalam bergerak, tidak lagi terus dibayangi oleh sejarah masa lalu yang selalu dijadikan barometer pergerakan," kata Eko.


Sekolah politik Partai Mahasiswa Indonesia akan dilaksanakan secara berkelanjutan sebanyak 4 kali dalam setahun. Dan menurut Sekretaris Jenderal Partai Mahasiswa Indonesia,  "Kita akan upgrade terus pemikiran kita dan  ilmu kita, kita akan upgrade terus pemateri-pemateri kita, ini akan menjadi kegiatan berkelanjutan dari PMI sebagai wujud memberikan pendidikan politik bagi masyarakat."


Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh salah satu Jurnalis senior Abraham Silaban, yang memberikan pemahaman terkait komunikasi dalam berpolitik. "Yang paling penting dalam komunikasi itu adalah etika, sama halnya dengan politik, untuk bisa saling menghargai antara satu dengan yg lain."

"Terakhir, Partai Mahasiswa menyampaikan komitmennya untuk tetap berproses, hadir di tengah-tengah persoalan masyarakat, berpolitik dengan gagasan dan menjadi bagian dari perjalanan panjang demokrasi indonesia yang lebih baik," tutup Eko Pratama.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukses Gelar Giat Sekolah Politik, Partai Mahasiswa: Ini Salah Satu Bentuk Komitmen Kami untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa

Trending Now

Iklan