Iklan

Menanti Lembaran Baru Peningkatan Pelindungan Jamsostek bagi PMI di Malaysia

warta pembaruan
09 Januari 2023 | 11:17 AM WIB Last Updated 2023-01-09T04:17:47Z


Oleh: Timboel Siregar (Tim Advokasi BPJS Watch/Pengamat Ketenagakerhaan)


Jakarta, Wsrtapembaruan.co.id - Saat ini PM Malaysia Anwar Ibrahim berkunjung ke Indonesia, diterima langsun Presiden Jokowi dengan upacara kenegaraan di Istana Bogor.

Banyak hal yang akan dibicarakan. Tentunya topik tentang Pekerja Migran Indonesia (PMI) akan dibahas juga.

Masalah perlindungan PMI di Malaysia menjadi hal urgen untuk diperbaiki. Khusus pelaksanaan jaminan sosial pun harus dibicarakan. Bagaimana Pemerintah Malaysia bisa membuka ruang bagi BPJS Ketenagakerjaan membuka kantor di kantong-kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia sehingga pelindungan yang komprehensif dan berkelanjutan bisa dilayani langsung BPJS Ketenagakerjaan di sana.

PMI yang belum menjadi peserta di BPJS Ketenagakerjaan difasiltasi oleh Pemerintah Malaysia sehingga seluruh PMI kita di sana terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Demikian juga dengan PMI yang diperpanjang kontrak kerjanya di Malaysia, juga akan dengan mudah memperpanjang kepesertaannya di BPJS ketenagakerjaan.

Semoga kunjungan Anwar Ibrahim membuka lembaran baru peningkatan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan secara langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan di Malaysia. (Azwar)

Jakarta, 9 Januari 2023
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menanti Lembaran Baru Peningkatan Pelindungan Jamsostek bagi PMI di Malaysia

Trending Now

Iklan