Iklan

Penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bagi 100 UMKM Bungur

warta pembaruan
11 Januari 2023 | 5:46 PM WIB Last Updated 2023-01-11T10:46:26Z


Jakarra, Wartapembaruan.co.id
- BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Salemba memberikan secara simbolis Kartu Peserta BPJAMSOSTEK kepada 100 pelaku UMKM di Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat pada Senin malam (10/1/2023).

Dalam acara tersebut Ketua Paguyuban UMKM Jakarta Pusat Slamet Riyadi mengatakan, tujuan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan agar pelaku UMKM di Jakarta Pusat dalam menjalankan pekerjaannya merasa aman dan terhindar dari resiko saat bekerja.

"Kami akan terus berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan agar seluruh UMKM di Jakarta Pusat dapat terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan," kata Slamet.

Selain penyerahan Kartu Peserta, juga dilakukan sosialisasi manfaat program BPJAMSOSTEK kepada pelaku UMKM tersebut.


Sementara itu Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Salemba M Izaddin mengatakan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaku UMKM sangat penting bagi kesejahteraan mereka, terdiri dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT) untuk memberi perlindungan sosial ekonomi pada pekerja.


"Melalui perlindungan program JKK dan JKM, jika ada peserta yang mengalami kecelakaan kerja seluruh biaya pengobatan dan perawatan medis akan ditanggung oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan sampai dinyatakan sembuh," kata Izaddin.


Jika pada saat bekerja kemudian terjadi kecelakaan kerja dan mengakibatkan meninggal dunia maka ahli warisnya akan mendapatkan santunan sebesar 48 kali upah yang dilaporkan. Apabila meninggal dunia oleh sebab lain diluar hubungan kerja, ahli waris dari peserta akan mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta.


"Penyerahan kartu peserta dan sosialisasi ini merupakan aksi nyata negara hadir untuk melindungi pekerja," tutup Izaddin. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bagi 100 UMKM Bungur

Trending Now

Iklan