Iklan

Menaker Nobatkan Putri Mandalika Pada Acara Festival Pesona Bau Nyale 2023

warta pembaruan
11 Februari 2023 | 12:42 AM WIB Last Updated 2023-02-10T17:42:05Z


Lombok Tengah, Wartapembaruan.co.id
- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menobatkan Ni Luh Putu Ayu Hariyani sebagai Putri Mandalika pada acara Festival Pesona Bau Nyale 2023 yang dilangsungkan di Pantai Tanjung Aan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (10/2/2022).

Festival ini m engusung tema "Race and Rise", dan diharapkan menjadi manifestasi semangat masyarakat NTB, khususnya pulau Lombok yang kembali bangkit, terpacu untuk berlomba menjadi yang terbaik dengan penuh asa. Rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale tahun ini diselenggarakan dari 4 Februari-1 Maret 2023, yang dimulai dengan Pemilihan Puteri Mandalika 2023 pada 4 Februari lalu.


Dalam sambutannya, Menaker Ida mengatakan


"Sebagai salah satu daerah kaya akan tradisi dan budaya, Lombok Tengah memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Salah satu contohnya adalah acara tahunan Pesona Bau Nyale yang merupakan bagian dari kebudayaan dan tradisi masyarakat Lombok Tengah. Sebuah tradisi yang merujuk kepada kisah legenda milik rakyat Lombok tengah tentang putri mandalika. Oleh karena itu apresiasi besar diberikan kepada penyelenggaraan pemilihan putri mandalika," kata Menaker dalam sambutannya.


Menaker memberi selamat kepada Ayu yang telah dinobatkan sebagai putri mandalika dan juga kepada seluruh finalis lainnya. Kepada para finalis, kalian semua hebat karena telah melalui proses yang panjang untuk bisa menjadi finalis diantara puluhan peserta lainnya.


"Teruntuk Ayu saya ucapkan sekali lagi selamat, Ananda merupakan perempuan berbakat yang akan menjadi duta dan wajah bagi kabupaten Lombok tengah dan provinsi NTB. Saya yakin kepada pemenang putri mandalika terpilih akan bisa menjadi seperti putri mandalika dalam legenda yang cantik, sopan, santun, ramah, lembut dan cerdas, yang dicintai oleh seluruh rakyat dan bisa berkontribusi pada pembangunan bangsa," ucap Menaker Ida.

Menaker pun turut berpesan kepada pemenang putri Mandalika, agar tetap terus belajar dan mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik lagi dalam berbagai hal termasuk dalam hal wawasan dan kompetensi. "Nantinya pemenang ini akan menjadi duta bagi Lombok tengah, dan program yang dijalankan bukan hanya promosi pariwisata, akan tetapi juga menjadi duta bagi program Pendidikan, sosial dan kemasyarakatan," kata Menaker.

Menaker Ida menambahkan Lombok Tengah bukan hanya memiliki tradisi dan budaya yang kaya, tetapi juga memiliki keberadaan sirkuit motorsport bergengsi, Sirkuit Mandalika.


"Ini merupakan kesempatan besar bagi Lombok Tengah untuk mempromosikan diri sebagai destinasi pariwisata yang menyenangkan dan memikat, bukan hanya bagi pecinta motorsport, tetapi juga bagi wisatawan yang mencari pengalaman baru dan berkesan. Dengan adanya Pesona Bau Nyale dan sirkuit Mandalika, Lombok Tengah memiliki dua atraksi unik yang dapat membantu mempromosikan pariwisata daerah ini," ujar Menaker Ida.

"Dengan adanya festival ini tiap tahunnya, maka turut pula berdampak pada pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui berbagai aktivitas kemandirian ekonomi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Kawasan," pungkas Menaker Ida Fauziyah. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menaker Nobatkan Putri Mandalika Pada Acara Festival Pesona Bau Nyale 2023

Trending Now

Iklan