Iklan

Kemnaker Gelar Sosialisasi Talenta Muda Batang Dalam Kesempatan Kerja

warta pembaruan
25 Mei 2023 | 5:45 PM WIB Last Updated 2023-05-25T10:45:21Z


Batang, Wartapembaruan.co.id
- Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar sosialisasi talenta mudan dan kesempatan kerja di BTP Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (20/5/2023).

Dalam kegiatan itu, Menaker yang diwakili Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, berdialog dengan para telenta muda seputar kondisi ketenagakerjaan di masa depan, serta mensosialisasikan kesempatan kerja yang dibutuhkan apa saja di Kabupaten Batang.

Caswiyono, mengatakan, banyak picture job untuk kerjaan baru yang muncul baik di industri dan pekerjaan informal seperti pekerja seni dan digital.

“Pada bidang industri juga sudah menerapkan teknologi digital canggih yang tentu membutuhkan tenaga generasi muda berkompetensi baru. Caranya dengan mempersiapkan beberapa pelatihan di Kabupaten Batang. Sebelum Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) berdiri pun sudah dipersiapkan pelatihan talenta muda,” kata Caswiyono.

Menurut Caswiyono, kegiatan in akan terus digenjot sampai kebutuhan industri terpenuhi dengan membaca pekerjaan masa depan yang dibutuhkan oleh industri.

Selama ini, lanjut Caswiyono, Kemnaker sudah membantu Pemkab Batang dalam berbagai skema perencanaan ketenagakerjaan dengan membuat RTK daerah, mempersiapkan balai pelatihan kerja, dan memperkuat UPTD Balai Pelatihan Kerja Kabupaten Batang.

“Semoga ke depan KITB dapat memprioritaskan masyarakat Kabupaten Batang untuk bekerja supaya dapat mengurangi jumlah pengangguran disini,” ujar Caswiyono.

Sementara itu, Kepala Disnaker Batang Suprapto mengatakan, bahwa KITB merupakan PSN, jadi tidak mungkin akan dilepas sendirian pasti akan merangkul Pemkab Batang.

“Dengan selama ini dari Kemnaker mendukung penuh Pemkab Batang dalam ketenagakerjaan untuk dapat melayani penyerapan tenaga kerja,” kata Suprapto.

Menurut Suprapto, pemberian dukungannya dengan memberikan program pelatihan yang tahun ini ada 14 paket pelatihan dari Kemnaker. "Sampai bulan ini baru berjalan 4 paket pelatihan yang setiap paket pelatihan ada 16 peserta," ujar Suprapto.

Suprapto berharap, adanya pelatihan dapat memberikan kompetensi pelatihan tersendiri bagi pencari kerja dan ini kami fokuskan uji kompetensi agar mendapatkan dua sertifikat yakni sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi. (MC Batang, Jateng/Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemnaker Gelar Sosialisasi Talenta Muda Batang Dalam Kesempatan Kerja

Trending Now

Iklan