Iklan

Indonesia Menang 6-0 atas Brunei Darussalam di Playoff Piala Dunia 2026

warta pembaruan
12 Oktober 2023 | 9:34 PM WIB Last Updated 2023-10-12T14:34:50Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
– Timnas Sepak Bola Indonesia mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor telak 6-0 pada pertandingan Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis malam (12/10/2023). 

Enam gol ke gawang Brunei Darussalam merupakan hatrik penyerang Indonesia Dimas Drajat masing-masing pada menit ke-6, 72 dan 92. Kemudian dua gol melalui Ramadhan Sananta pada menit ke-63 dan 67. Sedangkan satu gol lagi lahir melalui sontekan Rizky Ridho setelah menerima umpan tendangan sudut.

Menghadapi Brunei Darussalam yang kualitasnya jauh di bawah Indonesia, pelatih Shin Tae-yong menurunkan formasi menyerang, yaitu dengan memasang empat penyerang, sekaligus yaitu Dendy Sulistiawan, Hoki Caraka, Dimas Drajat dan Saddil Ramdhani.

Praktis hanya Marc Klok yang bermain sebagai gelandang murni, sedangkan Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam menjadi bek sayap di kiri dan kanan. Kemudian trio lini belakang adalah Sandy Walsh, Rizky Ridho dan Elkan Beggot, dengan kiper Nadeo Argawinata.

Praktis Indonesia sepanjang 90 menit mengurung pertahanan Brunei Darussalam. Namun demikian, meskipun menguasai permainan, pemain  Indonesia agak kesulitan untuk menembus pertahanan Brunei Darussalam yang memainkan permainan bertahan dan menempatkan sembilan pemain di daerah kotak penalti saat diserang.

Pada babak pertama hanya tercipta dua gol melalui Dimas Drajat dan Rizky Ridho, selebihnya, pemain Brunei mampu menjaga daerah pertahanan mereka dengan rapat. Baru di babak kedua, setelah pemain Brunei tampak kelelahan, Indonesia mencetak empat gol tambahan masing-masing dua gol melalui Ramadhan Sananta dan Dimas Drajat. 

Shin Tae-yong di babak kedua melakukan lima pergantian, yaitu dengan memasukkan Ricky Kambuaya, Witan Sulaiman, Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri, dan Shayne Pattinama untuk menggantikan Klok, Dendy Sulistiawan, Hoki Caraka, Saddil Ramdhani dan Pratama Arhan.

Dengan kemenangan 6-0 atas Brunei Darussalam, Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke babak group Piala Dunia 2026. Pertandingan tandang melawan Brunei akan dilaksanakan pada Selasa (17/10/2023) mendatang. 

Susunan Pemain 

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Sandy Walsh; Pratama Arhan (Shayne Pattinama), Marc Klok (Ricky Kambuaya), Asnawi Mangkualam; Dendy Sulistyawan (Witan Sulaiman), Saddil Ramdani (Egy Maulana Vikri); Hokky Caraka (Ramadhan Sanantha), Dimas Drajad. 

Brunei Darussala: Haimie Nyaring; Fakharazzi Hassan, Muiz Sisa, Nazhan Zulkiflie, Yura Indera Putra, Hanif Amir; Hendra Azam, Hariz Danial, Hakeme Yazid, Naziruddin Ismail; Khairil Shahme. (ys-soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Menang 6-0 atas Brunei Darussalam di Playoff Piala Dunia 2026

Trending Now

Iklan