Iklan

Pernyataan Sikap Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia Tentang Pemilu 2024

warta pembaruan
24 April 2024 | 9:35 PM WIB Last Updated 2024-04-24T14:35:55Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Proses Pemilu Tahun 2024 telah dilalui bersama oleh segenap masyarakat Indonesia, baik sebagai pemilih, Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon Anggota Legislatif  baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Pusat dan Dewan Perwakilan Daerah, serta penyelenggara dan pengawas Pemilu. 

Oleh karena itu, Ikatan Cendekiawan Muslim se- Indonesia (ICMI) menyatakan sikap sebagai berikut ;

1. ICMI mengucapkan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto, dan Bapak  Gibran Rakabuming Raka yang telah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).  

2. ICMI meletakkan harapan, semoga Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dapat mengemban amanah sesuai dengan amanat konstitusi menuju terciptanya masyarakat adil dan makmur.

3. ICMI memberikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) yang telah menyelenggarakan pemilihan umum Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota tahun 2024, serta penghargaan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah menyelesaikan tugas-tugas konstitusional yang berkaitan dengan pemilu Presiden-Wakil Presiden. 

4. ICMI mengajak para elit politik, tokoh agama, dan masyarakat turut terlibat aktif dalam menciptakan suasana tenang dan damai dengan memberikan pencerahan yang dapat mendorong terciptanya rekonsiliasi nasional untuk mewujudkan cita-cita bangsa sebagaimana tercantum dalam konstitusi.

5. Berdasarkan pelaksanaan Pemilu 2024, ICMI mengajak segenap komponen bangsa melakukan evaluasi untuk penyempurnaan sistem perpolitikan di Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kejujuran dan keadilan, sehingga menjamin kualitas demokrasi yang semakin baik. 

Demikian Pernyataan Sikap ICMI. Semoga Allah SWT melindungi dan merahmati bangsa Indonesia.


MAJELIS PENGURUS PUSAT

*IKATAN CENDEKIAWAN MUSLIM SE-INDONESIA*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pernyataan Sikap Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia Tentang Pemilu 2024

Trending Now

Iklan