Iklan

Indonesia Tunjukkan Solusi Praktis Terkait Pengelolaan Air yang Berkelanjutan

warta pembaruan
16 Maret 2022 | 7:00 PM WIB Last Updated 2022-03-16T12:00:55Z


Labuan Bajo, www.wartapembaruan.co.id – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Dewan Air Asia (Asia Water Council/AWC) telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Pekan Air Internasional Asia ke-2 (The 2nd Asia International Water Week (AIWW) pada 14 - 16 Maret 2022 di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).


AIWW ke-2 berakhir pada Rabu (16/3/2022) dengan perumusan rencana aksi sebagai implementasi kebijakan untuk pengelolaan air yang lebih baik dan berkelanjutan  di Asia.

President of the Asia Water Council, Jae-hyeon Park, mengatakan, AIWW ke-2 menjadi kesempatan besar bagi Indonesia untuk menunjukkan bagaimana solusi praktis terkait pengelolaan air yang baik dapat dicapai melalui berbagi proses, mulai dari perencanaan hingga implementasi, menggunakan teknologi terbaru dan partisipasi publik serta tindak lanjut yang dianggap sebagai nilai inti dari prosedur kerja AWC untuk menyelesaikan masalah air di Asia terkait dengan Sustainable Development Goals (SDG's) serta menyuarakan pesan kepada dunia.


Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan, Han Jeoung Ae, menyampaikan apresiasi atas keberhasilan dan terselenggaranya AIWW ke-2 di Labuan Bajo. Menurutnya, air merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat, terutama air bersih yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan minum.


"Asia International Water Week Ke-2 ini telah berjalan dengan sukses, kita semua memiliki pendapat yang sama bahwa acara ini terselenggara dengan sukses. Kemudian melalui tata kelola air yang berkualitas diharapkan kita bisa meraih kondisi yang lebih baik lagi bersama-sama. Terima kasih atas  terselenggaranya AIWW ke-2 dengan baik," kata Menteri Han.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa keberhasilan penyelenggaraan AIWW ke-2 di Labuan Bajo diharapkan dapat meningkatkan keyakinan bagi seluruh peserta yang hadir, khususnya Asia Water Council dan negara anggota untuk mendukung Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada 2024 mendatang.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada semua anggota Asia Water Council yang hadir. Kami berharap Indonesia mendapat dukungan penuh dan diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 yang akan diputuskan pada hari Sabtu (19/3/2022) dalam rangka World Water Forum ke-9 di Dakar, Senegal. Kami berharap dapat bertemu pada 2024 nanti di Bali," kata Menteri Basuki.

Khusus mengenai hasil AIWW ke-2, menurut Menteri Basuki, berbagai aspek dalam pengelolaan sumber daya air telah dibahas dalam AIWW, seperti ekosistem perairan dan pelestariannya, pemanfaatan sumber daya air secara berkelanjutan, pengelolaan air yang smart, partisipasi publik yang konstruktif, dan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Selanjutnya dirumuskan dengan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi yang kreatif dan perlu disebarluaskan secara internasional.

Menurut Menteri Basuki, semua sudah dibahas dan direncanakan dalam even AIWW. Roadmap yang komperhensif sudah dirumuskan dengan target yang jelas dan arahan untuk mencapai target nasional dan internasional. Termasuk tagline Presiden Indonesia Joko Widodo, yaitu “Bersama Kita Bisa, Bersama Kita Lebih Baik”.

Ia menambahkan, kegiatan AIWW ke-2 merupakan salah satu penggerak dalam memperbaiki pengelolaan sumber daya air dalam mencari solusi yang kolaboratif dalam masalah-masalah sumber daya air di tingkat lokal dan nasional serta internasional.

“Penggunaan sumber daya air yang berkelanjutan, penggunaan air yang cerdas, partisipasi publik yang konstruktif dan juga mitigasi dan perubahan iklim untuk sumber daya air ini harus dikelola berdasarkan konsep pengetahuan yang disebarkan ke negara-negara di dunia dan dikelola dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif yang sudah dibahas dan direncanakan dalam kegiatan tersebut,” katanya.

"Pada dasarnya mendukung pengelolaan sumber daya air, roadmap yang komprehensif juga sudah diinformasikan dengat target yang jelas dan arahan yang jelas untuk mencapai target pengelolaan air secara nasional dan internasional," ujarnya. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Tunjukkan Solusi Praktis Terkait Pengelolaan Air yang Berkelanjutan

Trending Now

Iklan