Iklan

Menaker Dorong Para Pengemudi Dapat Pelibdungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

warta pembaruan
24 Mei 2022 | 11:24 AM WIB Last Updated 2022-05-24T04:24:22Z


Tangerang Selatan, Wartapembaruan.co.id - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mendorong agar para pengemudi jasa transportasi mendapat pelindungan sosial ketenagakerjaan. Hal tersebut agar para pengemudi mendapatkan pelindungan sosial yang memadai dari berbagai resiko kecelakaan kerja maupun akibatnya.

Selain persoalan pelindungan sosial, Menaker juga menyebut bahwa para pengemudi juga harus mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi. Sehingga dapat mereka menghadapi perkembangan ekonomi dan ketenagakerjaan yang begitu dinamis.

“Para anggota DBOKC- FSPTSI merupakan anak bangsa yang harus mendapatkan perlindungan baik jaminan sosial serta mendapatkan pelatihan untuk dapat meningkatkan keahliannya,” tutur Menaker Ida, saat menghadiri acara halalbihalal dengan perkumpulan komunitas pengemudi Indonesia yang tergabung dalam Driver Biker Ojek Kamtibmas Community (DBOKC) di Tangerang Selatan, Senin (23/5/2022) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Menaker mengatakan bahwa pemerintah menaruh harapan kepada serikat pekerja/serikat buruh, khususnya DBOKC-FSPTSI, agar melakukan penguatan organisasi melalui kerja sama dan komunikasi dengan para stakeholder.

"Kerja sama dan komunikasi ini penting untuk mendorong tumbuhnya SDM unggul dalam memberikan solusi yang konstruktif dan visioner," kata Menaker yang didampingi Staf Khusus Menaker Dita Indah Sari.

Menaker menyebut, para anggota DBOKC- FSPTSI merupakan anak bangsa yang harus mendapatkan perlindungan baik jaminan sosial serta mendapatkan pelatihan untuk dapat meningkatkan keahliannya. Ia menilai, soliditas dan solidaritas organisasi adalah satu hal yang utama dalam meraih kemajuan.

"Soliditas dan solidaritas harus terus kita perkuat. Hanya dengan soliditas, DBOKC- FSPTSI bisa menjadi organisasi yang kuat dan disegani," ucapnya.

Ketua DBOKC-FSPTSI, Ika Restianti, mengucapkan terima kasih kepada Menaker Ida Fauziyah, karena sudah melihat secara dekat terhadap kondisi para pekerja pengemudi. "Karena selama ini yang diatur dan diperhatikan hanya pekerja formal saja, pekerja informal seperti kami ini belum terlalu banyak tersentuh," kata Ika.

Pada acara halalbihalal ini, Menaker juga memberikan bantuan paket sembako kepada anggota DBOKC-FSPTSI yang secara simbolis diberikan kepada Sunaryo, pengemudi truk lintas provinsi; Redy, pengemudi Gobox Online; Jaenudin, pengemudi truk CDD Long; Chaidir dari ojek online; Ibnu Yakin, supir pribadi; Komar dari Grab Car; dan Eneng, pengemudi mobil box sayur. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menaker Dorong Para Pengemudi Dapat Pelibdungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Trending Now

Iklan