Iklan

Melatih Mental, Yonif Raider 300/Bjw, Membina Penguatan Karakter Pelajar SMP Dan SMK

warta pembaruan
22 Agustus 2022 | 4:14 PM WIB Last Updated 2022-08-22T09:14:16Z


Cianjur, Wartapembaruan.co.id - Membentuk karakter dan membina mental generasi penerus bangsa sejak dini dilakukan oleh Yonif Raider 300/Bjw kepada Siswa-siswi SMP dan SMA Almadina Cianjur. Minggu (21/08/2022)

Hal tersebut Yang di sampaikan oleh Komandan Batalyon Infanter Raider 300/Bjw, Mayor Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P. dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Senin (22/08/2022)

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam ekstrakurikuler dituntut untuk menciptakan karakter bagi peserta didik salah satunya ekstakulikuler paskibra dan pramuka yang menuntut peserta didik untuk menjadi siswa yang disiplin.


Menyambut hal tersebut Yonif Raider 300/Bjw, diminta untuk melakukan Pembentukan Penguatan Karakter atau PPK kepada Pelajar SMP dan SMK di beberapa sekolah di Kabupaten Cianjur.


Hal tersebut dilaksanakan bertujuan  untuk membentuk mental dan jiwa kedisiplinan serta karakter anak didik yang dilaksanakan langsung di Markas Yonif Raider 300/Bjw.

Kegiatan Pembentukan Penguatan Karakter atau PPK dilaksanakan oleh SMP dan SMK Almadina dan juga SMK Negeri 1 Sukaluyu, adapun kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 18 juli sampai dengan 21 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut di wajibkan bagi Siswa-Siswi  kelas VII dan kelas X yang baru masuk sekolah. "jadi, mereka di wajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan PPK yang dimulai pkl 07.00 - 16.00. "Mereka (anak didik_red) akan di berikan Sejumlah materi dari pembina di antaranya baris berbaris, kepemimpinan, wawasan kebangsaan, dan sebagainya," ungkap Komandan Batalyon.

Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/ Bjw mengatakan “dengan diberikannya materi wawasan kebangsaan diharapkan para siswa, siswi SMP dan SMK Almadina mempunyai Semangat kebangsaan, Rasa Cinta akan Tanah Airnya dan paham akan sejarah  bangsanya, dan pada akhirnya akan mempunyai semangat Nasionalisme. Ini merupakan tekad dari para siswa siswi untuk mempersiapkan diri dan semangat dalam belajar  untuk menyongsong masa depan yang lebih baik dan nantinya dapat bersama dengan komponen masyarakat lainnya dalam membangun Indonesia yang Unggul.’’

Dr. H. Prima yuana sofwan, S.IP, S.Pd, M.Si, selaku pemilik Yayasan Sekolah Almadina mengucapkan terimakasih banyak kepada Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang sudah memberikan pembinaan Pembentukan Penguatan Karakter atau PPK kepada anak didik kami.

Dr. H. Prima yuana sofwan, S.IP, S.Pd, M.Si,  berharap dengan kegiatan ini, "mereka (anak didik_red) menjadi orang yang bertaqwa, bermoral, jujur, semakin disiplin dan patuh terhadap tata tertib dan aturan sekolah serta menjadi manusia yang berkarakter pancasila. Karena mereka adalah generasi penerus pemimpin - pemimpin bangsa di masa yang akan datang yang harus memiliki mental kedisiplinan dan karakter yang tinggi untuk menghadapai tangtangan kemajuan jaman, Serta Kedepan semoga mereka bisa mengimplementasikan didalam kehidupan bermasyarakat, "Pungkasnya.

Sumber : Pen Yonif Raider 300 Lettu Inf Dodi Suyono
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Melatih Mental, Yonif Raider 300/Bjw, Membina Penguatan Karakter Pelajar SMP Dan SMK

Trending Now

Iklan