Iklan

Kemnaker Dorong Lembaga K3 Tingkatkan Mutu Layanan K3

warta pembaruan
28 November 2022 | 6:31 PM WIB Last Updated 2022-11-28T11:31:25Z

Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan Lembaga K3 Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan K3 secara hybrid, di Jakarta, Senin (28/11/2022).

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Kemnaker, Haiyani Rumondang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara dalam menggerakkan dan mendorong Lembaga K3 untuk merancang strategi-strategi dalam memperkuat kinerja, khususnya peningkatan pelaksanaan kegiatan usahanya bidang K3.

"Kegiatan ini sangat baik yang membutuhkan komitmen kita semua, dan Bapak Ibulah di antaranya yang harus mensukseskan pembangunan ini, yang harus menjaga seluruh pekerja maupun pemberi kerja atau siapa pun yang berada di lingkungannya itu harus aman, selamat, dan sehat," kara Dirjen Haiyani.

Menurut Dirjen Haiyani, Kemnaker memiliki 9 Lompatan Besar yang salah satunya yaitu reformasi pengawasan ketenagakerjaan yang memiliki 8 agenda besar, di antaranya adalah penguatan kelembagaan pengawasan ketenagakerjaan dan K3, termasuk kelembagaan dari pihak luar yang dalam hal ini adalah Perusahaan Jasa K3 (PJK3) dan Lembaga Audit SMK3.

"Oleh karena itu, Lembaga K3 ditunjuk oleh pemerintah dan dalam melakukan kegiatan usahanya harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan bidang K3," ujar Dirjen Haiyani.

Dirjen Haiyani berharap Lembaga K3 yang hadir, baik secara luring maupun daring dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan meningkatkan kualitas kelembagaan dapat tercapai.

"Semoga kegiatan ini membawa kemajuan Lembaga K3, sehingga mampu berkontribusi melalui kegiatan usahanya di bidang K3 sebagai salah satu upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta menjadikan K3 sebagai gaya hidup kita bersama," pungkas Dirjen Haiyani Rumondang.

Sementara itu, Direktur Bina Kelembagaan K3, Hery Sutanto mengatakan, dalam rangka peningkatan kualitas kelembagaan K3, maka telah dilakukan kegiatan berupa penilaian terhadap kinerja Lembaga K3 yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana Lembaga K3 telah menjalankan tugasnya sesuai ketentuan.

"Ini supaya dalam melaksanakan jasanya, Lembaga K3 tetap on the track atau sesuai jalur, sehingga terpenuhinya pelayanan K3 secara profesional dan berkualitas," pungkas Hery Sutanto. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemnaker Dorong Lembaga K3 Tingkatkan Mutu Layanan K3

Trending Now

Iklan